Alasan terbesar dari sobat PMI bekerja ke luar negri salah satunya untuk kesejahteraan keluarga dengan kondisi perekonomian yang baik tentunya, Ini tidak akan tercapai bila pengaturan keuangan keluarga tidak terencana. Mengatur keuangan keluarga memang bukanlah hal yang mudah. Sobat PMI harus bisa menjaga pemasukan dan pengeluaran agar tetap seimbang. Namun, karena tuntutan gaya hidup, seringkali pengeluaran menjadi lebih besar dari pada pemasukan. Jika tidak diatasi segera, kondisi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan keuangan dalam jangka panjang.

Keuangan keluarga

Perlukah untuk Mengatur Keuangan Keluarga?

Tentu perlu dan penting terutama bagi sobat PMI yang masih baru pertama kali kerja di luar negri, belajar mengatur keuangan adalah kewajiban. Apalagi yang sudah menikah atau baru berkeluarga alias penganten baru. Biasanya, kondisi keuangan yang tidak harmonis akan berujung pada rumah tangga yang tidak harmonis pula. Mengapa demikian? Berikut penjelasan lebih lanjut :

Memiliki Masa Depan yang Lebih baik

Setiap diri sobat PMI tentunya ingin memiliki masa depan yang lebih baik, itulah sebabnya kita merantau ke negri orang. Bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, pendidikan adalah prioritas. Saat nanti sekembalinya ke tanah air bisa memiliki cukup modal untuk membuka usaha sebagai penghasilan utama di rumah, tak perlu lagi merantau meninggalkan anak dan istri.

Dan saat sobat PMI memasuki usia pensiun, kehidupan yang tenang dan damai tanpa memiliki masalah keuangan adalah impian jangka panjang. Hal-hal tersebut bisa didapatkan jika sobat PMI mengatur keuangan dengan baik. Maka dari itu, mulailah melakukan perencanaan keuangan jangka panjang sedini mungkin.

Bisa Hidup dengan Tenang

Memiliki hidup yang tenang dan terhindar dari masalah tentunya menjadi keinginan setiap orang. Namun, saat sudah berkeluarga, masalah keuangan mudah menghampiri. Jika sobat PMI kesulitan mengatur keuangan dengan benar, secara otomatis hidup sobat akan dibayang-bayangi masalah keuangan. Itulah mengapa, dengan mengatur keuangan secara baik, kehidupan sobat PMI menjadi lebih tenang dan terhindar dari masalah finansial seperti pelunasan tagihan hingga penumpukan utang.

Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Setelah mengetahui pentingnya mengatur keuangan keluarga, kini sobat PMI juga harus mengetahui tips-tips ampuh untuk mewujudkan kesehatan finansial. Berikut Tipsnya :

Alokasi Dana Skala Prioritas

Tentukanlah apa saja keperluan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Setelah itu, lihat mana saja kebutuhan yang paling penting dan harus dipenuhi sesegera mungkin. Misalnya, Jika Anda memiliki hutang atau cicilan, maka prioritaskan pelunasan tagihan dan utang tersebut.

Tak perlu pula sobat PMI mengirimkan uang gaji selama kerja setiap bulannya, atur tempo dan jumlah nominal yang akan dikirimkan kepada keluarga di tanah air dengan nilai dan waktu yang sama.

| Baca juga : Biaya Pengiriman Internasional STC Pay

Buat Catatan Pemasukan & Pengeluaran

Hindari perilaku boros, dengan membeli semua apa yang diinginkan. Buat catatan, dengan begitu sobat PMI akan mengetahui berapa banyak uang yang dikeluarkan setiap bulannya. Selain itu bisa mengetahui apakah pengeluaran sobat sudah cocok dengan perencanan yang sudah dibuat dalam skala prioritas. Mencatat setiap pengeluaran ini juga bisa mencegah sobat PMI untuk berperilaku boros.

Buat Beberapa Tabungan

Tabungan yang dimiliki pun sebaiknya tidak hanya satu saja. Sobat PMI bisa membuat beberapa tabungan, seperti tabungan pendidikan anak, tabungan dana pensiun, dan tabungan untuk dana darurat. Jika memiliki dana berlebih, tidak ada salahnya juga jika berinvestasi untuk memperoleh pendapatan pasif. Artikel terkait : Punya Modal 1 Juta? 5 Ide Bisnis ini Untung Berjuta-Juta

Evaluasi Keuangan Setiap Bulan

Setelah mencatat setiap pengeluaran dan pendapatan tiap bulan, langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Ketahui apakah uang yang dikeluarkan memang telah digunakan untuk hal yang diprioritaskan. Misalnya, jika masih terdapat pengeluaran yang cukup banyak untuk hal yang tidak terlalu penting, maka di bulan selanjutnya sobat PMI harus memangkas pengeluaran pada hal-hal tersebut. Semakin baik evaluasi sobat, maka akan semakin bijak pula sobat PMI dalam mengatur keuangan.

Dalam berkeluarga, kerja sama adalah faktor yang sangat penting. Maka, bangunlah kerja sama dengan pasangan dan anggota keluarga lainnya untuk mengatur keuangan dengan baik. Selamat mencoba!

| Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Ala Digital?

loading…