Apa itu Iqama?

Iqama merupakan kartu kependudukan ijin tinggal di Arab Saudi. Seseorang yang awalnya datang ke Arab Saudi memiliki visa yang valid hanya 3 bulan. Iqama akan diterapkan untuk orang tersebut oleh pemberi kerja jika ia ingin tetap lebih dari sekadar validitas visa. Jenis-jenis Iqama di Arab Saudi

Bagi sobat PMI sekarang ini pasti bertanya-tanya, kartu identitas Iqama yang dipegang masih berlaku atau tidaknya. Seperti kita ketahui, ekspatriat yang bekerja di Arab Saudi memiliki kartu identitas (Iqama) sebagai tanda ia bermukim di negara tersebut. Masa berlaku Iqama selama 1 tahun dan diperbarui 1 kali setiap tahun.

Sobat PMI bisa memeriksa masa berlaku kartu Iqama melalui Absher, portal kependudukan Arab Saudi. Absher merupakan layanan online yang dibuat Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

| Baca juga : Tutorial Transfer via STC Pay Tanpa Antri

Bagaimana kalau sobat PMI tidak memiliki akun Absher?

Tenang, cek masa berlaku Iqama bukan hanya melalui absher. Bisa juga dicek memalui Portal Kementrian Tenaga Kerja Arab Saudi (Ministri of Labor/MOL). Dengan cara alternatif ini, sobat PMI tak perlu masuk ke portal Absher. Tanggal kadaluarsa kartu Iqama akan ditampilkan baik penanggalan hijriah maupun gregorian (penanggalan nasional). Simak Langkah-langkahnya :

Prosedur Cara Memeriksa Masa Berlaku Iqama melalui Portal MOL :

1. Kunjungi halaman website MOL : https://www.mol.gov.sa/IndividualUser/BasicInfo.aspx

cek masa berlaku Iqama melalui MOL
Halaman website MOL

2. Pilih bahasa “Bahasa Inggris atau Arab” pada halaman atas seperti nampak pada gambar. Lalu, masukkan nomor Iqama dan tanggal lahir sobat PMI.

cek masa berlaku Iqama melalui MOL

3. Pilih referensi almanak dengan memilih kalender tipe Hijri atau Gregorian”. Setelahnya masukkan kode verifikasi seperti terlihat pada gambar di sebelahnya dan kemudian klik tombol Next.

4. Di halaman berikutnya, sobat PMI dapat melihat detail Iqama. Seperti nama, tanggal lahir, kebangsaan, nomor Iqama, tanggal kadaluarsa Iqama, serta nomor handphone yang terdaftar.

5. Pada kolom ketiga dan baris ke lima sebelah kanan, sobat PMI akan melihat masa berlaku/tanggal kadaluarsa Iqama sesuai kalender Hijri maupun Gregorian (penanggalan nasional).

cek masa berlaku Iqama melalui MOL

6. Cukup sampai situ, informasi masa kadaluarsa Iqama sobat PMI dapatkan. Tidak perlu klik tombol save, karena bila dilakukan itu berarti sobat PMI melakukan registrasi pada portal ketenagakerjaan (MOL).

7. Selanjutnya klik tombol Cancel.

| Baca : Biaya Pengiriman Internasional STC Pay

Nah, ini merupakan salah satu cara alternatif untuk mengetahui masa kadaluarsa kartu Iqama sobat PMI. Bila informasi ini masih belum jelas, sobat PMI bisa mendiskusikannya di kolom komentar.