BERAGAM KASUS TKW TIMUR TENGAH

0
149
KASUS TKW

Dikutip dari website komunitas Sahabatsaudi.com. Sekitar 2 bulan lalu tengah menyelesaikan berbagai kasus yang dialami oleh para TKW (Tenaga Kerja Wanita).

Terdapat 3 kasus, yang mana 2 kasus telah terselesaikan dan sisanya sulit untuk diselesaikan terkendala oleh kondisi kasus tersebut. Berikut kasusnya :

  1. Kasus Pemerkosaan, WNI yang mengaku alami “pemerkosaan” oleh majikan pria.

    Disebutkan bahwa TKW itu telah mengalami tindak pemerkosaan oleh majikan pria selama 8 kali dalam setahun terakhir. Kasus ini sulit diselesaikan, melihat kondisi dari kejadiannya yang berulang-ulang dan dianggap suka sama suka sehingga polisi bisa menuduh kasus ini sebagai kasus perzinahan.

    Diharapkan untuk para TKW yang mengalami tindak kriminal ini, segeralah melapor ke pihak Kedutaan Indonesia untuk Arab Saudi (KBRI Riyadh/KJRI Jeddah) supaya bisa ditindaklanjuti, jangan dibiarkan bahkan sampai berulang.
  2. Kasus Perceraian Nikah Campur, WNI yang dicerai oleh suami WN asing dan “dibuang” ke KJRI.

    Meskipun pihak KJRI hanyalah mediasi, si istri minta pulang ke Indonesia krn tdk tahan lagi. Sayang, cerita manis membina rumah tangga dua insan ini seperti akan berakhir dramatis.
  3. Kasus Kerja Tanpa Digaji, WNI yang berhasil mendapatkan haknya setelah bekerja selama 15 tahun.

    Dikarenakan tidak adanya kontrak kerja, TKW ini hampir kehilangan haknya tanpa gaji setelah mengabdikan diri bekerja pada seorang majikan selama 15 tahun. Kegetiran perjuangan si ibu terobati dengan hasil yang dapat dibawa pulang berkat bantuan dari pihak KJRI.

    Segepok uang hasil keringatnya dapat digunakan untuk membiayai pengobatan orang tua dan sekolah 3 anaknya, ucap sang ibu yang berhasil membawa uang jerih payahnya selama 15 tahun itu.

Untuk keperluan privasi, sengaja nama para TKW tidak disebutkan disamping memang dari sumbernya pun tak disebutkan. Tapi kasus seperti ini tak sedikit para TKW mengalaminya terlebih mereka bekerja berpuluh-puluh tahun di Negara-negara Timur Tengah.

Cerita TKI di luar negeri tidak selamanya indah. Karenanya, milikilah dokumen visa kerja dan kontrak kerja yang jelas. Lindungi anak/saudara perempuan, istri atau ibumu, jangan biarkan mereka bekerja di luar negeri tanpa perlindungan.

Saat ini, yang berdokumen visa/izin bekerja benarpun, banyak yang terlunta-lunta tidak mendapatkan gaji, apalagi yang tidak berdokumen resmi.

Jangan mudah tergiur ajakan untuk kabur dari majikan resmi, bila terdapat kasus yang tindak kriminal segeralah melapor sedini mungkin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan!

Update Kabar & Informasi Seputar TKI di kanal Telegram dan juga WhatsApp kami.