Beli kendaraan bekas harus memperhatikan kelengkapan serta keaslian beberapa surat seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Sangatlah penting jika akan membeli kendaraan bekas ataupun baru, ini dikarenakan semakin maraknya tindak kejahatan atas oknum yang memalsukan STNK dan BPKB. Tindakan pemalsuan ini membuat para oknum tersebut banyak meraup keuntungan dan juga banyak merugikan serta menyusahkan kalangan masyarakat. 

BPKB dan STNK Kendaraan Bermotor

Untuk itu sobat TKI harus mengecek supaya BPKB serta STNK yang diberikan sewaktu membeli kendaraan merupakan dokumen asli. Bila surat kendaraan yang diterima palsu, akibatnya membuat Anda tidak dapat membayar pajak ketika jatuh temponya tiba.

| Baca Juga : Tutorial Transfer via STC Pay Tanpa Antri

Diperlukan ketelitian yang tinggi untuk membedakan BPKB dan STNK palsu atau tidaknya. Karena, bentuk dokumen palsu itu hampir serupa bentuk aslinya. Pada dokumen palsu umumnya terdapat tanda tangan serta cap dari Kepolisian Wilayah (Polda) yang dipalsukan. Setidaknya ada lima langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengecek keaslian BPKB serta STNK kendaraan bermotor sobat TKI.

Berikut langkah untuk mengecek keaslian BPKB :

  1. Periksa halaman cover BPKB. Pada dokumen yang asli menggunakan bahan yang lebih mengilap sedangkan pada yang palsu warnanya lebih buram.
  2. Cek hologram di halaman pertama BPKB. Jika diterawang warnanya tetap abu-abu, berarti dokumen tersebut asli. Namun jika diterawang warnanya berubah menjadi kekuningan, dokumen tersebut hampir bisa dipastikan palsu.
  3. Teliti nomor seri di bawah hologram pada halaman pertama. Sampaikan nomor tersebut kepada pihak kepolisian lalu lintas untuk pengecekan. Namun, detil nomor seri tak bisa dipublikasikan kepada umum.
  4. Lihat di bagian identitas pemilik kendaraan. Pada BPKB palsu hanya mengubah data kendaraan saja sedangkan data pemilik kendaraan tidak berubah.
  5. Cermati halaman ke-14 BPKB, lambang Korlantas akan terlihat jika diterangi dengan sinar ultraviolet. Tekstur kertas agak kasar karena logo tersebut dibuat timbul. Pada BPKB palsu tekstur kertas rata.

Berikut langkah memeriksa keaslian STNK :

  1. Cocokkan data yang tertulis di STNK dengan fisik kendaran. Periksa mulai dari jenis kendaraan, merk, warna, kapasitas mesin, hingga nomor polisi. Cek juga tanda tangan dan cap yang ada pada STNK tersebut.
  2. Periksa Nomor Rangka yang ada pada kendaraan, nomor tersebut harus sama dengan yang ada di BPKB dan STNK. Untuk mengetahui Nomor Rangka, Anda bisa memeriksa di bagian bodi kendaraan.
  3. Periksa Nomor Mesin kendaraan Anda. Sama seperti Nomor Rangka, Nomor Mesin juga ada di kendaraan tepatnya pada bagian mesin. Tiap merk kendaraan memiliki letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin yang berbeda-beda. Cek kesamaan dengan yang tercantum di BPKB dan STNK.
  4. Bawa ke Samsat untuk melakukan pemeriksaan keaslian dokumen.

Selain cara di atas, Berikut cara lain yang dapat diaplikasikan untuk memeriksa keaslian STNK dan BPKB.

Cara Mengetahui Keaslian STNK & BPKB Melalui Online :

  • Cek keaslian STNK atau BPKB secara online, silakan ke alamat ini : samsat-pkb.jakarta.go.id . Namun saat ini, hanya berasal dari DKI Jakarta atau kendaraan berplat nomor B dan Medan dengan plat nomor BK. Setelah itu masukkan nomor plat kendaraan saja, lalu klik tombol proses maka informasi seputar kendaraan anda akan diberi.

Cara Mengetahui Keaslian STNK Melalui SMS :

  • Cek keaslian melalui SMS saat ini hanya tersedia di wilayah Jakarta (Kode: Metro) dan Surabaya (Kode: JATIM). Caranya dengan mengetik ; Kode (spasi) Nomor Polisi. Contohnya Metro X0000XX, kemudian Kirim ke 1717 dengan tarif Rp 1.000 persatu kali SMS.

Selain itu, pihak dari kepolisian memberi beberapa informasi mengenai keaslian dari STNK yaitu :

  • STNK asli tak dapat luntur jika terkena siraman air
  • Ada 2 tanda pengenal yang tidak bisa dipalsukan
  • Terdapat Tulisan STNK (lubang kecil) pada sisi sebelah kanan kertas STNK, sedangkan pada sisi sebelah kiri
  • terdapat benang pengaman rajutan.

Nah, semoga dengan informasi tips ini sobat TKI bisa memeriksa sendiri keaslian BPKB dan STNK. Jika sobat TKI masih merasa ragu, bisa datang langsung ke kantor kepolisian terdekat untuk melakukan pengecekan lebih seksama. Apabila kalian punya cara lain untuk memeriksa keaslian STNK dan BPKB, jangan sungkan untuk berdiskusi pada kolom komentar di bawah.