Mungkin sebagian sobat TKI merasa bingung setelah kembali ke tanah air untuk cuti ataupun berhenti bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI), menjadi driver ojek online menjadi salah satu pilihan profesi yang mendatangkan pundi finansial. Profesi ini tak jarang menghasilkan banyak pundi uang dan tak menyita banyak waktu.

Dalam menjalani profesi ini, peranti wajib yang dimiliki yaitu smartphone tentunya dengan kapasitas baterai yang tahan lama untuk menunjang mobilisasinya. Kalian gak mau kan, tiba-tiba HP nya kehabisan baterei saat ada order dari calon penumpang/customer.

Hp yang cocok untuk ojek online
Aplikasi Ojek Online

Melimpahnya perangkat smartphone tanah air di pasaran memberikan berkah tersendiri bagi konsumen tanah air. Dengan semakin banyaknya varian smartphone yang beredar serta harga jual yang beragam membuat konsumen tak sulit membeli perangkat hp sesuai dengan bujet yang dimiliki.

Pengguna yang paling membutuhkan daya tahan baterai yang lama saat ini sektor distribusi barang seperti ojol, kurir ataupun pengemudi taksi online. Dengan kapasitas baterai yang besar memberikan kesempatan beraktivitas yang jauh lebih lama. Selain itu, perangkat smartphone ojek online selalu terhubung dengan aplikasi peta digital yang menguras daya baterai.

Nama-nama vendor smartphone seperti Xiaomi, Realme, Samsung sudah menjejali pasar dengan perangkat hp dengan harga yang bervariasi. Di bawah ini akan dibahas daftar perangkat smartphone dengan harga sejutaan namun sudah dibekali dengan baterai berkapasitas besar untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dalam menggunakan perangkat hp dalam waktu yang lama.

Apa saja smartphone berkapasitas yang tepat untuk dimiliki oleh pengemudi ojek online? Berikut daftar perangkat smartphone termurah yang sudah dibekali dengan baterai berkapasitas jumbo yang tersedia di pasaran.

Daftar perangkat smartphone berkapasitas baterai 5000 mAh :

Redmi 8A

Rp 1.399.000

Redmi 8A
Redmi 8A

Dibanderol dengan harga hanya 1,3 jutaan, Redmi 8A sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh serta diklaim memiliki waktu siaga hingga 31 hari. Tak hanya itu, smartphone ini juga sudah dibekali dengan beragam fitur kekinian mulai dari sisi desain hingga fitur yang ditanamkan. Kapasitas baterai 25% lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya, satu kali pengisian daya untuk 3 hari penggunaan normal. Apiknya lagi, perangkat ini sudah membenamkan fitur fast charging 18W yang dapat mengisi penuh perangkat dalam waktu yang tidak lama.

Redmi 8A tak jauh berbeda dengan Redmi 8. Kini Redmi 8A juga sudah menggunakan layar dengan nocth kecil berbentuk dot drop dan ini juga yang membedakan dengan seri pendahulu Redmi 7A. Perbedaan mendasar dengan Redmi 8, fitur kamera Redmi 8A hanya menawarkan single kamera baik di depan maupun di belakang.  Redmi 8A juga tak dibekali dengan sensor sidik jari. Satu hal lagi, Redmi 8A hanya memiliki varian Ram 2 GB dengan penyimpanan internal 16 Gb. Selebihnya seperti chipset, lubang charger type-C dan kapasitas baterai mirip dengan Redmi 8. Mekipun Redmi 8A ini dipasarkan dengan harga yang lebih murah, namun fitur unggulan lain seperti pelindung layar Corning Gorilla Glass 5, dan dukungan fast charging 18W tetap disertakan.

Redmi 8a Pro 3GB

Rp 1.750.000

Redmi 8A Pro
Redmi 8A Pro

Tak berbeda jauh dengan Redmi 8A perangkat ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh sebagai nilai jual utamanya. Denagn penambahkan fitur fast charge 18W yang memberikan masa pengisian daya yang lebih cepat. Untuk fitur lainnya, Redmi 8A Pro hadir dengan dukungan kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi 13 MP + 2 MP (depth sensor).

Tertanam pula kamera selfie dengan resolusi 8MP yang tertanam pada poni mungil di bagian atas layar. Layarnya memiliki ukuran 6,22 inci dengan resolusi HD Plus dan lapisan kaca Gorilla Glass 5. Untuk dapur pacunya, Redmi 8A Pro mengandalkan SoC Snapdragon 439 yang dikombinasikan dengan RAM 3GB serta storage 32 GB.

Vivo Y12

Rp 1.800.000

Vivo Y12

vivo Y12 hadir dengan menawarkan kapasitas baterai super besar sebagai nilai jual utamanya. Perangkat ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, dukungan prosesor Mediatek P22 serta dukungan RAM/ROM 3GB/64GB. Smartphone yang dibekali dengan OS Android 9.0 Pie dengan Funtouch OS 9 ini juga sudah dibekali dengan fitur keamanan sensor sidik jari di bagian belakang perangkat.

vivo Y12 sudah membenamkan layar berukuran 6,35 inci dengan resolusi HD+ dan memiliki rasio layar 19,3:9. Apiknya lagi, hp ini juga sudah dibekali dengan 3 kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 13MP, kamera dengan sudut lebar 8MP dan kamera untuk mendapatkan efek bokeh 2MP. Sementara untuk aksi selfie, kamera depan yang tertanam sudah memiliki resolusi 8MP.

Vivo Y11

Rp 1.650.000

Tak berbeda jauh dengan vivo Y12, vivo Y11 juga sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan tambahan fitur fast charge 10W. Perangkat ini juga telah mengemas layar HD+ berukuran 6,35 inci dengan desain waterdrop notch untuk menempatkan kamera depan beresolusi 8MP. Di belakang, terdapat kamera utama 13MP aperture F / 2.2 yang dipasangkan dengan kamera 2MP aperture F / 2.4. Tidak jauh dari kamera belakang, terdapat pemindai sidik jari yang memiliki bingkai berbentuk persegi empat.

Vivo Y11

Soal kinerja, perangkat ini mengandalkan processor Qualcomm Snapdragon 439 yang dipasangkan dengan RAM 3GB dan penyimpanan memori internal 32GB yang dapat diperluas melalui slot microSD. Di sisi perangkat lunak, smartphone ini menjalankan OS Android v9.1 Pie dan menampilkan antarmuka FunTouch OS berbasis Android 9.0 Pie.

Realmi 5i

Realme 5i

Rp 1.950.000

Diklaim sebagai Quad Camera Battery King, realme 5i menghadirkan baterai berkapasitas 5000mAh sebagai penunjang aktivitas pengguna sehari-hari. Realme 5i mengadopsi prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang dipadankan dengan RAM 3GB dan memory internal 32GB.

Antarmuka perangkat ini mengusung layar 6.52 inci dengan notch tetesan air di atasnya dan disajikan dalam format rasio 20:9. Layar Realme 5i sendiri memiliki resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Soal kamera, perangkat ini telah membenamkan kamera utama 12MP yang dipasangkan dengan lensa ultra-wide angle 8MP, depth sensor 2MP dan ultra-macro 2MP untuk melengkapi pengaturan quad camera pada smartphone ini. Untuk aktivitas selfie perangkat ini sudah dibekali dengan kamera depan 8MP. Yang menarik, Kamera depan dan belakang sudah dibekali fitur Electric Image Stabilization (EIS). Fungsi video juga mendukung perekaman video slo-mo 240fps pada resolusi 720p.

Infinix Hot 9

Infinix Hot 9

Rp 1.850.000

Infinix HOT 9 ini memiliki spesifikasi yang bisa di bilang jarang ada di smartphone harga sejutaan di Indonesia. Infinix HOT 9 di lengkapi dengan 6,6” punch-hole display, kapasitas ROM 128 GB dengan RAM 4GB, dan juga  Empat kamera belakang AI yang terdiri dari konfigurasi 13 MP + 2 MP, (macro) + 2 MP, (depth) + QVGA (Low light sensor) dan sudah ditambahkan dengan triple flash light untuk memaksimalkan pencahayaannya.

Meski dijual dengan harga 1,85 jutaan rupiah, perangkat ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan tambahan fitur sensor sidik jari, Bluetooth 5.0, A2DP, LE serta chipset MediaTek Helio A25 (12 nm).

Berikut penjelasan jenis smartphone yang paling cocok sebagai peranti penunjang profesi ojek online baik Gojek ataupun Grab. Dengan budget yang tergolong murah dengan dibanderol sekitar sejutaan berkapasitas baterai 5000 mAH, gak akan kepikiran lagi kehabisan baterai selama menjalani profesi tersebut.