Riyadh (Selasa, 2 Juni 2020) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Arab Saudi di Riyadh mensosialisasikan surat edaran kepada sobat PMI yang tinggal dan bekerja di wilayah Kerajaan Arab Saudi, mengenai tanggapan akan banyaknya pertanyaan tentang informasi penerbangan ke Indonesia. Ini diumumkan secara resmi pada portal situs online Kementrian Luar Negri/KEMENLU.

Berikut disampaikan :

EDARAN

NO. 0421/KONS/VI/2020

  1. Selama masa pandemi Covid-19, Saudia Airlines telah melakukan 5 (lima) kali penerbangan khusus dari Arab Saudi ke Indonesia dan dua di antaranya bekerjasama dengan Perwakilan RI di Arab Saudi (KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah). Dalam kerja sama tersebut Saudia Airlines telah memberikan kuota seats untuk memulangkan sejumlah WNI di Arab Saudi. Para WNI yang memanfaatkan kuota seats tersebut melakukan pembayaran tiket penerbangannya melalui rekening resmi KBRI Riyadh.
  2. KBRI Riyadh juga memanfaatkan penerbangan khusus tersebut untuk memulangkan WNI / PMI yang telah berada di rumah singgah sementara KBRI Riyadh (“Ruhama”) ke Indonesia dan setelah permasalahan mereka diselesaikan.
  3. KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah terus berusaha membantu kepulangan WNI, khususnya mereka yang kontrak kerjanya telah habis, mendapatkan PHK dari kafil/perusahaannya, atau yang pulang ke Indonesia dengan alasan yang sangat penting.
  4. KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah terus melakukan komunikasi dengan Saudia Airlines, untuk membuka peluang kembali diadakannya penerbangan khusus dari Arab Saudi ke Indonesia. Komunikasi tersebut hanya dilakukan secara langsung oleh KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah dengan pihak Saudia Airlines tanpa melibatkan pihak mana pun. Untuk itu KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah TIDAK BERTANGGUNG JAWAB terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan KBRI Riyadh atau KJRI Jeddah untuk pelaksanaan penerbangan khusus tersebut.
  5. Segala informasi terkait penerbangan khusus yang dikordinasikan pihak Saudia dengan KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah tersebut selalu disampaikan secara resmi oleh KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah melalui Edaran, laman, dan/atau akun resmi media sosial KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah.
  6. KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah mengharapkan agar WNI yang berupaya mendapatkan tiket penerbangan khusus tersebut tetap menggunakan jalur resmi seperti kantor/laman maskapai penerbangan, KBRI Riyadh/KJRI Jeddah, dan travel agent.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerja samanya diucapkan terimakasih.

Riyadh, 2 Juni 2020

| Informasi Terkait : Warga Arab Saudi dan Ekspatriat Mulai Kembali Kehidupan Normal dalam 3 Fase Waktu

Informasi Penerbangan ke Indonesia
Surat EDaran Informasi Penerbangan ke Indonesia

Semoga Informasi ini memberi pencerahan kepada sobat PMI sekalian. Mohon untuk dibagikan juga kepada sobat PMI lainnya, sekiranya informasi ini bermanfaat.

loading…