Terdapat lebih dari 10 juta ekspatriat yang tinggal menetap dan bekerja di Arab Saudi dengan berbagai jenis Iqama. Banyak dari mereka tidak mengetahui bahwa jenis Iqama berdampak pada kelas sosial dan hak mereka di Arab Saudi.

Baca juga : Begini Cara Cek Masa Berlaku Iqama Tanpa Absher

Jenis Iqama

Berikut jenis-jenis Iqama yang layak untuk diketahui bagi #sobatTKI yang bekerja di Arab Saudi :

Iqama Pekerja Domestik

Kategori pemegang Iqama ini dipekerjakan oleh warga lokal Saudi di rumah sebagai pembantu rumah tangga, supir pribadi/pengemudi, penjaga gedung, tukang kebun/taman.

Pemegang Iqama ini juga berhak mendapatkan perawatan medis gratis di rumah sakit pemerintah, namun tidak bisa mengajukan visa keluarga permanen atau visa kunjungan keluarga untuk orang yang mereka cintai.

Iqama Kelas Buruh

Pemegang Iqama jenis ini pada umumnya adalah pekerja konstruksi bangunan, pembersih, tukang pipa atau para tukang. Mereka pun tidak bisa mengajukan visa keluarga permanen atau visa kunjungan keluarga di Arab Saudi, akan tetapi mereka mendapatkan hak asuransi yang ditanggung oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Iqama Kelas Profesional

Pemegang Iqama ini adalah mereka para dokter, profesor, akuntan, maupun insinyur yang bekerja di sektor swasta. Para pemegang Iqama jenis ini berhak untuk mengajukan visa keluarga permanen atau visa kunjungan keluarga dan asuransi ditanggung oleh perusahaan. Selain itu, mereka dapat dengan mudah mengajukan visa ke negara lain seperti Thailand, Malaysia, Philipina, Kanada, Visa Schengen, Amerika Serikat ataupun Inggris.

Iqama Tertanggung/Dependen (Dependent Iqama)

Iqama jenis ini adalah mereka yang para istri/ibu rumah tangga, anak-anak, dan orang tua dari pekerja ekpatriat. Biasanya majikan dari pekerja ekspatriat yang membayar asuransi mereka, tapi jika tidak tercakup dalam kontrak kerja, maka pekerja ekspatriat tersebut yang menanggung asuransi mereka.

Untuk saat ini pekerja ekspatriat diharuskan membayar biaya tanggungan untuk memperbarui iqama mereka, dan majikan tidak menanggung biaya ini.

Iqama Pegawai Pemerintahan/Diplomat

Pemegang iqama jenis ini adalah mereka yang bekerja di sektor pemerintahan, mereka berhak mendapatkan perawatan gratis di rumah sakit pemerintahan Arab Saudi. Selain itu, juga mereka tidak perlu membayar biaya tanggungan untuk keluarga mereka yang dibawa ke Saudi dengan Iqama dependen alias gratis biaya perpanjangan iqama dependen bagi keluarga mereka.

Iqama Bisnis

Kategori pemegang jenis ini sangat jarang karena diharuskan memiliki lisensi SAGIA. Mereka adalah para pengusaha yang tertulis sebagai profesi pada iqama yang mereka pegang, selain berhak untuk mengajukan visa kunjungan atau visa keluarga permanen, mendapatkan hak akses kemudahan dalam pengajuan visa ke negara lain, juga dapat membeli properti atau rumah di Arab Saudi kecuali di kota Mekkah dan Madinah.

Iqama Istimewa Khusus atau Green Card

Pemerintah kerajaan Arab Saudi baru-baru ini meluncurkan iqama jenis ini yang memberikan banyak hak & manfaat. Untuk memiliki iqama jenis ini, ekspatriat diharuskan membayar SR 100.000/tahun ataupun SR 800.000 sekali bayar seumur hidup.

Keistimewaan memiliki iqama jenis ini bagi para pemegangnya, yakni dibebaskan biaya tanggungan untuk anak-anak mereka maupun keluarga mereka yang dibawa ke Saudi. Memungkinkan ekspatriat berbisnis tanpa sponsor Saudi, membeli properti, dan mensponsori visa untuk kerabat.

Hak dan keistimewaan :

  • Tinggal di Kerajaan bersama keluarga.
  • Kunjungi visa untuk kerabat.
  • Perekrutan pekerja rumah tangga dari luar negeri.
  • Kepemilikan real estat untuk tujuan perumahan, komersial dan industri, di daerah selain kota Makkah dan Madinah dan daerah perbatasan.
  • Hak guna atas real estate di Makkah dan Madinah untuk jangka waktu tidak melebihi 99 tahun.
  • Kepemilikan alat transportasi pribadi dan barang bergerak lainnya.
  • Bekerja di perusahaan swasta dengan kemampuan untuk berganti pekerjaan; ini akan meluas ke anggota keluarga. Profesi dan pekerjaan yang terbatas pada Saudi harus dikecualikan.
  • Keluar dan memasuki Kerajaan atas kemauan sendiri.
  • Penggunaan jalur yang ditujukan untuk orang Saudi di pintu keluar dan masuk Kerajaan.
  • Keterlibatan dalam kegiatan bisnis sesuai dengan Hukum Penanaman Modal Asing.