Ekspatriat di Oman menyumbang sebanyak 41,7 persen dari total populasi negara tersebut pada akhir kuartal pertama 2020, menurut Pusat Statistik dan Informasi Nasional.

Ekspatriat di Oman
Ekapatriat sedang berbelanja bulanan di supermarket.

Informasi segar bagi para ekspatriat ataupun pekerja asing yang tinggal dan bekerja di Oman. Menurut keputusan baru yang dikeluarkan oleh Kepolisian Oman pada hari Minggu (7 Juni 2020).

Pekerja asing atau ekspatriat di Oman sekarang dapat beralih pekerjaan dari satu perusahaan ke perusahaan lain setelah memberikan bukti akhir kontrak kerja atau pemutusan hubungan kerja. Termasuk juga para Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Letnan Jenderal Hassan Bin Mohsin Al Shraiqi, Inspektur Jenderal Polisi dan Bea Cukai, mengeluarkan keputusan 157/2020 untuk mengubah beberapa ketentuan peraturan eksekutif dari Undang-Undang tentang Tempat Tinggal Orang Asing.

Peraturan eksekutif Hukum Tempat Tinggal Orang Asing, yang dikeluarkan oleh Keputusan Kerajaan 40/15 :

Pasal 1

Menggantikan teks Pasal (14) dari peraturan eksekutif hukum tempat tinggal tersebut untuk orang asing.

Visa penduduk asing dapat ditransfer dari satu majikan ke majikan lain yang memiliki lisensi untuk merekrut pekerja, asalkan bukti berakhirnya kontrak atau pemutusan kontrak kerja disajikan dengan bukti.

Harus ada persetujuan dari otoritas pemerintah yang kompeten pada kontrak majikan kedua dengan ekspatriat, sesuai aturan.

Pemindahan izin tinggal dari anggota keluarga ekspatriat ke majikan baru akan diizinkan.

Pasal 2

Menyatakan bahwa sampai persyaratan yang diperlukan untuk pemindahan tempat tinggal mereka dipenuhi dan prosedur pemindahan dibuat, tanggung jawab majikan pertama tetap sah dalam segala hal yang berkaitan dengan tempat tinggal orang asing tersebut.

Apa pun yang melanggar keputusan ini dibatalkan atau bertentangan dengan ketentuannya.

Pasal 3

Keputusan ini akan diumumkan dalam Surat Kabar Negara Resmi dan akan diimplementasikan mulai tanggal 1 Januari 2021.

| Baca juga : Kuwait : Tak Ada Peluang Kerja Bagi Pekerja Migran di Sektor Minyak

Letjen Al Shraiqi menambahkan sampai prosedur untuk mentransfer tempat tinggal selesai, tanggung jawab majikan pertama tetap berkaitan dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan tempat tinggal para ekspatriat.

NOC tidak wajib untuk berganti pekerjaan di Oman

Sebelumnya, adalah wajib untuk memiliki NOC (No Objection Certificate) untuk pindah dari satu majikan ke yang lain bahkan jika dia telah menyelesaikan bertahun-tahun dengan majikan.

Dengan amandemen baru terhadap Pasal No.24 oleh Letnan Jenderal Hasan bin Mohsin al Shraiqi, Inspektur Jenderal Polisi dan Bea Cukai, seorang karyawan dapat memilih pekerjaan lain dan mensponsori tanpa rintangan apa pun asalkan dia telah menyelesaikan kontrak kerja dengan yang sudah ada sponsor.

“Mengubah pekerjaan di negara ini menjadi lebih mudah dengan pencabutan persyaratan NOC dan untuk mengubah sponsor, seorang karyawan harus membuktikan bahwa mereka telah menyelesaikan kontrak dengan majikan mereka sebelumnya untuk bergabung dengan perusahaan lain”, kata pernyataan itu.

Dampak Perubahan bagi Pebisnis & Pekerjanya

Berbicara kepada Pengamat, Omar Ashraf, seorang pebisnis terkemuka yang memiliki tenaga kerja yang sangat besar dalam penggajiannya, mengatakan ini dapat membantu mempertahankan bakat dan keterampilan serta kemajuan dalam bisnis.

“Saya melihat ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan keahlian staf kami dan kemajuan dalam bisnis, dan dalam jangka panjang aturan ini akan membantu staf yang berpengalaman untuk tetap kembali dan menunjukkan loyalitas kepada perusahaan”, Omar menambahkan.

“Saya ingin mengubah pekerjaan saya saat ini karena saya merasa sudah saatnya saya layak diangkat dalam karier saya”, seorang karyawan bagian penjualan dan pemasaran perusahaan FMCG, mengatakan.

| Baca : Terkait Pemulangan PMI, Ini Langkah dari KJRI Jeddah