Benny Rhamdani
Benny Rhamdani

Kemarin Rabu, 15/4/2020. Presiden Joko Widodo melantik Benny Rhamdani untuk Kepala BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia) di Istana Negara, Jakarta. Benny Rhamdani yang dekat dipanggil Brani ini merupakan mantan Anggota DPRD Sulawesi Utara sepanjang dua periode juga anggota DPD RI Dapil Sulawesi Utara Periode 2014-2019.

Pengukuhan Benny berdasar Keppres No 72/TPA tahun 2020 mengenai pengangkatan pejabat pimpinan tinggi utama di lingkungan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) tertanggal 13 April 2020. Benny mengemukakan, jabatan ini ialah pekerjaan Merah-Putih yang perlu dia diemban. Hal pertama yang perlu untuk dilaksanakan sekarang ialah perlakuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ditengah-tengah keadaan epidemi virus corona di dunia.

Dia memperjelas, BP2MI akan bersinergi dengan Gugus Pekerjaan Percepatan Penanganan Covid-19 dan kementerian/Instansi yang lain untuk pastikan tiap PMI yang kembali ke tanah air, bisa datang dengan aman serta mendapatkan bantuan-bantuan yang dibutuhkan. Pengukuhan mengaplikasikan prosedur penjagaan Covid-19. Hari ini Kamis, 16/4/2020. Benny Rhamdani akan lakukan serah terima jabatan di kantor BP2MI setelah ia dilantik.

“Yang penting saat ini ialah masalah pulangnya beberapa PMI dari beberapa negara penempatan yang alami kenaikan sebab kondisi virus corona. Diprediksikan gelombang arus pulangnya ini akan bertambah mendekati Ramadhan. Perlu diingat, beberapa PMI ialah Very Important Person (VIP) Negara, mereka pahlawan visa negara, jadi kita ingin pastikan mereka aman waktu di perbatasan, serta sampai datang di kampung halamannya,” jelas Benny sesudah pengukuhan.

Tentang BP2MI

BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia) ini dibentuk menindaklanjuti terbitnya UU No 18 tahun 2018 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia yang diundangkan pada 22 November 2017. BP2MI menggantikan badan sebelumnya yang mengurus pekerja migran yaitu Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Undang-Undang yang mengatur penggantian nama badan tersebut mengatur sejumlah perubahan fundamental tentang tata kelola pekerja migran Indonesia, di antaranya adalah tentang perubahan istilah dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI), persyaratan menjadi PMI serta hak dan kewajiban PMI, perlindungan sebelum, selama dan setelah bekerja dan jaminan sosial bagi PMI.

| Nama dan Alamat BP3TKI, LP3TKI dan P4TKI Seluruh Indonesia

Video Pelantikan

Politikus Hanura ini mengambil sumpah jabatan mengenakan dasi dan masker berwarna senada kuning emas sesuai dengan bendera partainya.

Sumpah Jabatan

“DEMI ALLAH SAYA BERSUMPAH BAHWA SAYA AKAN SETIA DAN TAAT KEPADA UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945 SERTA AKAN MENJALANKAN SEGARA PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DENGAN SELURUS-LURUSNYA DEMI DHARMA BAKTI SAYA KEPADA BANGSA DAN NEGARA,” KATA BENNY SAAT MENGAMBIL SUMPAH DITUNTUN JOKOWI DI ISTANA NEGARA JAKARTA, RABU, 15 APRIL 2020. DI HADAPAN JOKOWI, BENNY JUGA BERSUMPAH AKAN MENJALANKAN TUGAS DAN JABATAN DENGAN MENJUNJUNG ETIKA JABATAN, MENJAGA INTEGRITAS DAN TIDAK MENYALAHGUNAKAN KEWENANGAN SERTA MENGHINDARKAN DIRI DARI PERBUATAN TERCELA”.

| Live Streaming

Serah Terima Jabatan dan Penyerahan Memorandum Akhir Tugas Plt. Kepala BNP2TKI kepada Kepala BP2MI

| KJRI Hongkong Bagikan Puluhan Ribu Masker Pada WNI

Selamat datang dikeluarga besar @bp2mi_ri ya, pak. Mari sama-sama kita tingkatkan PMI Profesional, kurangi penempatan PMI secara nonprosedural serta menyejahterakan kehidupan PMI dengan memberikan pelindungan bagi PMI sebelum, selama dan sesudah bekerja.

loading…