Taiwan (24/05/2020), Pada hari ini seluruh umat Islam di seluruh dunia serentak merayakan hari raya Iedul Fitri. Tak terkecuali bagi sobat PMI yang masih berada di Taiwan, meski masih dalam kondisi di tengah pandemi sobat PMI Taiwan masih bisa melaksanakan shalat Iedul Fitri berjamaah dengan tertib dan taat aturan.

Dilansir dari CNA Taiwan, Zhou Siyu yang merupakan salah satu panitia penyelenggara shalat Ied mengatakan pelaksaan shalat Ied tahun ini terbagi menjadi 5 sesi/kloter. Tidak seperti tahun-tahun sebelmnya yang diadakan menjadi 1 sesi/kloter saja, ini dimaksudkan agar jama’ah yang hadir tidak terlalu berdesakan hingga melanggar aturan sosial distancing.

Penyelenggara shalat Ied kali ini diadakan oleh Asosiasi Pertukaran Layanan Muslim Taipei dan Asosiasi Pengembangan Pekerja Asing Taiwan. Pelaksaan shalat dimulai dari pukul 06.00 am hingga pukul 09.00 waktu setempat dibagi dalam 5 kloter dengan jumlah setiap kloternya dibatasi.

Seperti terpantau dari Travel Plaza Stasiun Taipei, ratusan jama’ah shalat Ied terlihat taat aturan dengan saling menjaga jarak dan tak lupa memakai masker. Pelaksanaan shalat Ied pun berjalan lancar dan juga tertib hingga selesai acara pelaksanaan shalat pun tidak ada pelanggaran aturan yang telah ditetapkan.

Tidak semua tempat ibadah atau masjid melaksanakan shalat Ied secara berjamaa’ah di tengah pandemi, seperti masjid agung Taipei untuk pertama kalinya selama 60 tahun terakhir membatalkan shalat Ied di masjid. Masjid-masjid di Taoyuan dan Taichung pun telah membuat keputusan serupa.

Berikut masjid-masjid pelaksana shalat Iedul Fitri berjama’ah yang telah mengantongi ijin dari pemerintah daerah setempat dengan tetap dalam himbauan menjalankan protokol covid sebagai syarat diperbolehkannya shalat berjama’ah.

Diantaranya : MTYCIT, PCNU di TaipeiTravel Plaza. Musholla asrama Chien di Zongli, IMIT Taichung lantai 6 ataswarung deso Taichung, Musholla FKKBWIT Tainan, PCNU Taiwan Ratign Changhwa di pasar malam dekat Carefour Changhwa, Chiayi di Culturan and Creative Industries Park, FOSMIT masjid Longgang Chungli.

Setiap tahun, kebiasaan umat muslim di seluruh Taiwan merayakan hari raya Iedul Fitri dengan berkumpul dengan teman-teman dan kerabat perantau lain di tempat publik seperti taman selepas shalat. Hari raya ini biasanya dirayakan sekitar 300 ribu muslim di Taiwan.

“Saya ingin mengucapkan kepada kerabat muslim #Taiwan dan umat muslim seluruh dunia #EidMubarak. Ini adalah waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat, saya harap semua orang akan menikmati festival ini dan merayakannya dengan aman”. (terjemahan twit @iingwen)

Taiwan merupakan negara yang masyarakatnya menghargai multikulturalisme atau keberagaman budaya dan kebebasan beragama, perayaan hari raya umat islam pun diapresiasi bahkan oleh presiden negara tersebut, Presiden Tsai Ing Wen. Hal ini terlihat dari cuitannya di media sosial twitter. Ia mengucapkan selamat hari raya Iedul Fitri kepada umat islam di taiwan dan seluruh dunia.

Presiden Taiwan mengucapkan Eid Mubarak kepada umat muslim Taiwan
Presiden Taiwan, Tsai Ing Wen. Memberi ucapan selamat kepada umat muslim Taiwan yang merayakan Iedul Fitri 2020.

Karena pandemi COVID-19, presiden mencatat banyak tempat-tempat yang biasanya menyelenggarakan kegiatan untuk perayaan Iedul Fitrisangatlah berkurang pada tahun ini, tak seperti tahun-tahun sebelumnya. Ia berharap pandemi akan segera selesai sehingga semua penduduku Taiwan dapat melaksanakan rutinitas seperti semula ke kehidupan normal mereka.